Sindrom Usus Bocor (Leaky Gut)

Apakah leaky gut atau usus bocor itu ?


Leaky gut atau usus bocor, atau "permeabilitas usus,"  adalah kondisi lapisan usus kecil yang rusak menyebabkan partikel makanan yang tidak tercerna, produk limbah beracun dan bakteri dapat masuk melalui usus dan membanjiri aliran darah. Zat asing yang masuk ke dalam darah dapat menyebabkan respons autoimun di tubuh termasuk reaksi inflamasi dan alergi seperti migrain, usus mudah tersinggung, eksim, kelelahan kronis, alergi makanan, arthritis dan banyak lagi.

Lapisan saluran pencernaan digambarkan seperti jaring dengan lubang yang sangat kecil di dalamnya yang hanya memungkinkan zat tertentu melewatinya. Lapisan usus  bekerja sebagai penghalang untuk mencegah partikel lebih besar yang dapat merusak sistem Anda.

Dengan rusaknya lapisan tersebut, protein seperti gluten, bakteri jahat dan makanan yang tidak tercerna dapat masuk ke aliran darah.  Limbah beracun juga bisa bocor dari bagian dalam dinding usus Anda ke aliran darah Anda sehingga menimbulkan reaksi kekebalan.

Image Credit to draxe.com

























Kondisi Leaky gut syndrome berkembang pesat dimana jutaan orang berjuang dan bahkan banyak yang tidak mengetahuinya. Dari istilahnya saja, kita mungkin berpikir sindrom usus bocor hanya mempengaruhi sistem pencernaan, namun pada kenyataannya hal itu bisa berujung pada banyak kondisi kesehatan lainnya.
Usus yang bocor disebabkan oleh diet kita. Bagi sebagian orang, makanan tertentu yang dikonsumsi setiap hari, gluten, kedelai dan susu, dianggap oleh tubuh saya sebagai bahan asing yang harus diperangi. Ketika mengonsumsi makanan tersebut, tubuh saya menghasilkan antibodi.
Tanda tanda leaky gut antara lain:
Miskin sistem kekebalan tubuh
Diare kronis, konstipasi, gas atau kembung
Kekurangan nutrien/gizi
Masalah kulit, Ruam dan masalah kulit seperti jerawat, eksim atau rosacea
Sakit kepala, brain fog, kehilangan ingatan
Depresi, kecemasan, ADD, ADHD
Penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis, lupus,
Keletihan berlebihan
Arthritis atau nyeri sendi
Itulah tanda tanda umum dari usus bocor atau leaky gut.  Selain itu ada juga anggapan bahwa salah satu penyebab dari autisme adalah leaky gut.  Bagaimana kondisi leaky gut mempengaruhi otak dan bagaimana usaha usaha untuk mengurangi efek dari leaky gut ini ?.  Silakan baca pada postingan berikutnya. 

0 comments:

Post a Comment