Praktek Pendidikan yang Sesuai dengan Perkembangan Anak Usia Dini (Developmentally Appropriate Practice)


Kurikulum terdiri dari pengetahuan, keterampilan, kemampuan, dan pemahamananak-anak untuk memperoleh dan rencana untuk belajar melalui pengalaman yang mereka keuntungan akan terjadi. Penerapan kurikulum selalu menghasilkan hasil dari beberapa jenis-tapi yang hasil tersebut dan bagaimana program mencapai mereka sangat penting. Dalam DAP kurikulum membantu anak-anak mencapai tujuan perkembangannya dan pendidikan yang signifikan. Kurikulum melakukan ini melalui pengalaman belajar (termasuk bermain, kelompok kecil, kelompok besar) yang mencerminkan apa yang diketahui tentang anak-anak  (NAECY, 2009).   DAP memberikan informasi berdasarkan studi literatur tentang perkembangan anak dan pembelajaran anak.  Dalam konsep Developmentally Appropriate Practice, pernyataan-pernyataan tidaklah berdasarkan apa yang mungkin dianggap benar dan apa yang dipercaya.  

Berikut ini adalah pernyataan yang dikutip mengenai DAP.

Guru mempertimbangkan apa yang harus diketahui anak, memahami dan mampu melakukan antar domain : seperti perkembangan fisik, social.emotional dan kognitif, serta antar disiplin seperti bahasa dan literasi, matematika, ilmu sosial, sains, seni, musik, dan pendidikan kesehatan jasmani.

Anak-anak belajar lebih jauh dalam program-program terencana atau tidak terencana, maka sangat penting bagi setiap sekolah untuk memiliki kurikulum tertulis.  Guru menggunakan kurikulum dan pengetahuan mereka tentang minat anak dalam perencanaan yang relevan, pengalaman belajar yang menark, dan kurikulum tersebut ada dalam pikiran dalam interaksi mereka dengan anak-anak sepanjang hari. Dengan cara ini, mereka memastikan bahwa pengalama belajar anak konsisten dengan tujuan program dan terhubung dalam suatu kerangka kerja yang terorganisir. Pada saat yang sama, sesuai DAP, guru memiliki fleksibilitas dalam cara mereka merancang dan melaksanakan pengalaman kurikuler di kelas mereka (NAECY)


Jakarta, 2016
Pengalaman anak-anak membentuk motivasi dan pendekatan untuk belajar mereka, seperti ketekunan, inisiatif, dan fleksibilitas.  Kecenderungan dan perilaku tersebut mempengaruhi pembelajaran dan perkembangan anak-anak. (Naecy). Hasil dari perkembangan dan hasil pembelajaran merupakan hasil interaksi yang dinamis dan terus menerus dari proses maturasi biologis dan bebagai pengalaman.Proses perkembangan dan  belajar berbeda di berbagai tingkat dari anak ke anak, serta kecepatan yang tidak merata di seluruh area yang berbeda dari fungsi individual anak.Bermain merupakan alat yang penting untuk mengembangkan diri-pengaturan diri.  Bermain dapat mendukung  kompetensi bahasa, kognisi, dan sosial.Perkembangan dan pembelajaran yang terjadi dipengaruhi oleh konteks sosial  budaya.Semua domain perkembangan dan pembelajaran - fisik, sosial dan emosional, dan kognitif- adalah penting penting, dan saling  berhubungan satu dengan yang lainnya.   Perkembangan dan pembelajaran dalam satu domain dipengaruhi oleh apa yang terjadi pada domain lainnya.Banyak aspek dari pembelajaran dan perkembangan anak mengikuti urutan didokumentasikan dengan baik, dengan kemampuan, keterampilan, dan membangun pengetahuan tentang yang sudah diperoleh.Selalu mempunyai mental aktif untuk mencari dan memahami dunia di sekitar mereka, anak-anak belajar dalam berbagai cara; berbagai strategi pengajaran dan interaksi yang efektif dalam mendukung semua jenis pembelajaran.Pengalaman awal memiliki dampak yang luar biasa pada perkembangan anak dan pembelajaran, baik kumulatif maupun yang tertundaberproses terhadap kompleksitas, pengaturan diri kapasitas dan simbolik atau representasiAnak-anak berkembang baik ketika mereka memiliki hubungan yang konsisten dan aman dengan orang dewasa yang responsif dan memiliki peluang untuk hubungan yang positif dengan teman sebayanya. Perkembangan dan pembelajaran yang lebih lanjut dapat terjadi ketika anak-anak ditantang untuk mencapai tingkat yang tepat diatas penguasaan mereka saat ini, dan juga saat mereka memiliki banyak kesempatan untuk mempraktekkan keterampilan-keterampilan yang baru diperoleh.

0 comments:

Post a Comment