Makanan untuk Membantu Mengatasi ADHD/ADD

Makanan untuk Membantu Mengatasi ADHD/ADD 


Apa kabar pembaca fokuskita ?.  Kali ini kita akan membahas tentang ADHD, apa itu ADHD.  ADHD merupakan singkatan dari  attention deficit hyperactivity disorder.  ADHD merupakan kondisi neurologis dan perilaku yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, impulsif dan kelebihan energi.  Individu dengan ADHD tidak hanya sulit untuk konsentrasi namun juga sulit untuk bisa diam. Namun ada juga individu ADD, attention deficit disorder, yang lebih mampu untuk diam namun tetap kesulitan dalam konsentrasi.  ADHD kebanyakan ditemukan pada anak laki-laki dari pada perempuan.  ADHD bukanlah suatu penyakit namun suatu kondisi bagaimana otak seseorang bekerja terkait dengan neuroolgis yang dimilikinya.  Banyak pendapat mengatakan bahwa ADHD bukanlah penyakit sehingga tidak dapat diobati.  Benarkah demikian ?
Walaupun banyak pendapat mengatakan demikian, ADHD dinyatakan dapat diterapi dengan diet makanan.  Diet terbukti membantu ADHD menjadi lebih baik.  Berikut ini kita akan membahas diet seperti apa yang disarankan untuk individu ADHD.

Perhatikan Asupan Makanan

Asupan yang disarankan adalah makanan dengan protein, lemak dan serat, yang memungkinkan menjaga gula darah tetap stabil. Jadi mengikuti diet padat nutrisi - diet tinggi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan daging organik - adalah diet ideal bagi siapa saja dengan gejala ADHD. Juga diet tinggi asam lemak omega-3.

Diet ADHD  sebaiknya mencakup:
  1. Makanan Omega-3 - misalnya ikan laut, walnut
  2. Makanan tinggi vitamin B - pisang, alpukat, bayam, prune, hati, kerang
  3. Makanan mengandung probiotik - misalnya tempe
  4. Makanan berprotein tinggi - ikan
  5. Makanan yang kaya besi
  6. Makanan dari Unggas
  7. Telur
Suplement yang disarankan

1. Minyak ikan
Sedangkan untuk suplemen utama adalah minyak ikan.  Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan dan minyak ikan cod telah sangat efektif dalam pengobatan ADHD. Minyak ikan bermanfaat bagi mereka yang menderita ADHD karena omega-3 dalam minyak ikan.Rerefensi menyaranka dosis antara 500 sd 1000 mg minyak ikan yang dikonsumsi setiap hari.  Namun sebaiknya di cek pada dokter untuk lebih meyakinkan kita.  

2. Vitamin B vitamin B kompleks. 
Vitamin B kompleks mengandung hal-hal seperti vitamin B6, vitamin B12, folat dan biotin. Vitamin ini sangat penting untuk mendukung sistem saraf dan otak serta dapat meningkatkan fokus.

Hindari Makanan Berikut 



Nah itulah sedikit info mengenai makanan dan suplemen yang dapat membantu mengatasi ADHD
Semoga bermanfaat

Makanan yang disarankan Singkirkan atau kurangi gula dalam menu sehari-hari. Nitrat - Merupakan pengawet makanan.  Disekitar kita dapat ditemukan pada makanan kaleng, serta makanan olahan lainnya Gula adalah masalah utama karena akan menyebabkan kenaikan gula darah. Ketika kadar gula menurun tingkat fokus ikut menurun.  MSG - penyedap rasa yang seringkali dijumpai pada makanan olahan, seperti bakso, mie, kerupuk dan lain lainPemanis buatan - pemanis buatan sering ditemukan pada minuman minuman. Berhati-hatilah memilih minuman botol bagi putra-putri andaSebaliknya ketika gula darah tiba-tiba naik tinggi akan menyebabkan perilaku hiperaktif.  Kedelai - Beberapa referensi menyarankan agar individu ADHD menghindari makanan kedelaiConventional dairy - Makanan dari susu Makanan yang menyebabkan alergi Bahan-bahan lain yang harus dihindari antara lain: Makanan yang mengandung gluten, antara lain gandumPewarna makanan - pewarna makanan sering dijumpai pada kue-kue basah dan kering. Kopi - Kopi mengandung kafein dan penelitian menemukan ini kurang baik bagi individu ADHD

0 comments:

Post a Comment