Permainanan AUD untuk multiple inteligensi
Nama Permainan : HALLIHALLO
Nama Permainan : HALLIHALLO
Negara Asal : Switszerland
Jenis permainan : Permainan dengan aturan
Jumlah pemain : 5 sampai 20 anak
Tempat : Di dalam ruangan atau diluar ruangan
Peralatan : Bola yang lembut atau “beanbag’
CARA BERMAIN
- Semua pemain duduk membentuk suatu garis lurus. Anak-anak dapat juga berdiri tergantung pada tempatnya.
- Ketua pemain berada dibagian terdepan dan memegang bola atau ‘bean bag”. Bean bag dapat diganti dengan benda lain, seperti balon dan sebagainya.
- Ketua menyebutkan suatu kategori kategori dan huruf awalnya. Sebagai contoh, ketua dapat mengatakan: Dia adalah bunga yang diawali dengan huruf A. Dia lalu mengangkat bola dipundaknya, untuk diteruskan pada pemain dibelakangnya.
- Pemain berikut yang berada dibelakang mengambil bola sambil mencoba menebak jawaban dari pertanyaan.
- Apabila pemain ini dapat menebak jawaban tersebut, maka dia menggantikan posisi ketua dan ketua pindah ketempat yang paling belakang.
- Apabila pemain tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut maka bola diteruskan pada pemain berikutnya yang berada dibelakang pemain kedua.
- Pemain yang bisa menebak jawaban akan pindah posisi menjadi ketua dan duduk didepan
- Bila tidak ada yang dapat menebak jawaban, maka permainan dilanjutkan dengan menggunakan kategori yang sama dengan huruf awal berikutnya. Misalnya kategori nama bunga dengan awalan B.
- Usahakan bola berjalan dengan cepat supaya permainan berjalan dengan baik.
- Ada baiknya sebelum permainan dimulai, daftar kategori sudah disiapkan
- Jawabann yang sudah dibuat daftarnya tersebut diserahkan kepada pengawas dewasa.
KECERDASAN MAJEMUK DARI PERMAINAN HALLIHALLO
Kecerdasan Linguistik
Merupakan emampuan berbicara atau menulis dengan baik. Saat ketua menceritakan tentang kategori dan ciri-ciri benda yang ditanyakan, dia mengembangkan kemampuan berbicara. Demikian juga anak-anak lain yang dituntut untuk dapat menyimak setiap pertanyaan dan jawaban yang diberikan.
Kecerdasan Antarpribadi
Kecerdasan ini disebut juga kecerdasan ”sosial”-adalah kemampuan berhubungan dengan orang lain. Saat anak bermain dalam kelompok seperti pada permainan ini, anak akan melakukan kontak sosial dengan teman-temannya. Mereka dituntut untuk mampu bekerja sama supaya permainan berjalan dengan lancar.
Kecerdasan logika
Dalam permainan ini terdapat peraturan-peraturan yang harus dimengerti oleh anak . Hal ini dapat membantu mengembangkan kecerdasan logika anak. Kecerdasan logika juga dibutuhkan pada saat anak dituntut memberikan jawaban dari pertanyaan ketua.
Kecerdasan Kinestetik
Merupakan kemampuan dalam menggunakan anggota tubuh, yang dicontohkan oleh para olahragawan. Kelenturan gerakan para pemain akan memacu kecerdasan kinestetik anak. Dalam permainan Hallihallo dibutuhkan ketangkasan mengangkat dan memindahkan bola.
Kecerdasan Intrapribadi
Kemampuan mengelola perasaan dan kesadaran diri sendiri. Pada permainan ini ada kemungkinan anak dapat atau tidak dapat menjawab pertanyaan. Anak yang belum dapat menjawab pertanyaan dengan benar dan belum berkesempatan menjadi ketua, mengembangkan sikap untuk bisa menerima keadaan seperti ini. Anak belajar mengelola emosi dengan benar.
BEBERAPA MODIFIKASI YANG DAPAT DILAKUKAN DALAM PERMAINAN HALLIHALLO
A. Mengganti bola dengan benda contoh dari kategori yang dipililih.
Bola dapat diganti dengan benda yang menggambarkan contoh kategori yang dipilih. Misalnya buah-buahan dari plastik untuk kategori buah, atau kartu-kartu bergambar binatang untuk kategori binatang. Modifikasi seperti ini lebih cocok untuk anak yang berusia lebih kecil, karena anak-anak bisa menyebutkan ciri-ciri dari objek dengan lancar karena adanya contoh benda atau gambarnya. Cara seperti ini sangat bagus dalam membantu mengenal jenis-jenis yang tidak terlalu sering dijumpai. Cara permainan adalah sebagai berikut:
- Sediakan bermacam buah plastik didalam keranjang.
- Keranjang buah dapat diletakkan di depan posisi ketua
- Ketua mengambil sebuah buah, dan mengangkat tinggi dengan menyebutkan ciri-cirinya.
- Pemain dibelakang mengambil buah dan menyebutkan namanya.
- Bila pemain bisa menjawab, maka ia menggantikan posisi ketua. Sedangkan pemain petama pindah ke bagian paling belakang
B. Bola diberikan ke pemain berikutnya dengan hitungan lompat satu atau lompat 2 atau lompat 3.
Ketika permainan berlangsung, bola tidak diberikan langsung ke pemain dibelakangnya tetapi bisa dengan cara lompat satu, dua atau 3. Hal ini dapat menambah latihan untuk merangsang kecerdasan matematika nya.
C. Menyertakan musik dalam menentukan posisi sebagai ketua berikutnya.
Musik dapat disertakan, sehingga akan menambah kecerdasan musik dalam permainanan ini. Caranya adalah sebagai berikut:
· Pemain disusun dengan duduk melingkar.
· Ketua menyebutkan kategori dan pertanyaannya sambil mengangkat bola.
· Musikpun dimulai, dan bola mulai berjalan dari ketua ke pemain disampingnya dan seterusnya.
· Lalu musik di berhentikan, dan pemain yang memegang bola pada saat musik berhenti dapat menjadi ketua berikutnya yang akan memberikan pertanyaan.
0 comments:
Post a Comment